Jenis Kandang

    Ada dua jenis kandang yang bisa untuk memelihara kelinci, yaitu kandang luar (outdoor) dan kandang dalam (indoor). jika yang anda gunakan adalah kandang outdoor, sebaiknya hindari dari terpaan angin, hujan, dan sengatan sinar matahari secara langsung. jika anda akan membuat kandang untuk kelinci, sebaiknya lantai kandang dibuat sistem panggung.dengan sistem ini, kelinci akan tetap bersih dan sehat.
    Kandang hendaknya terbuat dari bahan atau material yang relatif aman dari hama atau predator. bahan kandang biasanya terbuat dari aluminium, kayu, bambu, kawat ram, atau stainless steel. tempatkan kaki kandang di atas batu atau buat agak tinggi agar tidak lembab, terutama pada musin hujan. Usahakan pintu kandang selalu terkunci untuk mencegah kelinci melarikan diri dan masuknya hewan pemangsa.
    Ukuran minimum kandang yang baik untuk menampung seekor kelinci berukuran medium adalah 80 cm x 60 cm x 60 cm, ukuran kecil 60 cm x 40 cm x 40 cm. untuk memberikan ruang gerak yang cukup, ukuran kandang hendaknya 3-4 kali panjang tubuhnya. kandang juga harus tinggi sehingga memungkinkan kelinci berdiri dengan posisi telinga tegak.
    Apabila kelinci dipelihara pada kandang indoor maka pilihlah yang ada penampung kotorannya. untuk mengurangi bau, penampung kotoran dapat di beri sebuk kayu atau pasir. saat ini, kandang dengan sistem bongkar pasang yang berbahan stainless steel banyak dijual di petshop. pilihlah kang yang sesuai dengan ukuran kelinci.
    Kelinci yang dibebaskan bermain dan berlarian didalam ruangan sebisa mungkin dijauhkan dari benda-benda yang berbahaya. misalnya, kabel listrik, pisau, paku, racun serangga, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar